Ukuran berat tubuh terhadap laju respirasi

Bagaimanakah cara mengukur volume oksigen yang dihirup jangkrik?

Mikrorespirometer dipakai untuk mengukur konsumsi oksigen hewan yang berukuran kecil seperti serangga atau laba-laba. Berat Tubuh Hubungan antara berat dengan penggunaan oksigen berbanding lurus.

Pada percobaan kdua terhadap kecambah II dengan memiliki berat 2,5 gram pada menit pertama setelah pemberian eosin pada ujung respirometer menunjukkan skala 0,06ml sehingga kebutuhan oksigen pada menit pertama adalah 0,06ml.

Ketersediaan oksigen akan mempengaruhi laju respirasi, namun besarnya pengaruh tersebut berbeda bagi masing-masing spesies dan bahkan berbeda antara organ pada tumbuhan yang sama. Larutan eosin bergerak mendekati bahan percobaan yaitu jangkrik atau kecambah, jangkrik atau kecambah yang berada di dalam respirometer menghirup oksigen melalui pipa respirometer sehingga membuat larutan eosin bergerak.

Udara masuk dan keluar melalui stigma, yaitu lubang kecil yang terdapat di kanan-kiri tubuhnya. Karena setiap makhluk hidup membutuhkan O2 Oksigen dalam jumlah yang besar.

Hal tersebut juga berhubungan dengan berat serangga karena semakin besar berat pada serangga maka semakin besar pula laju respirasi pada respirometer begitu juga sebaliknya. Pada menit kelima cairan eosin bergerak menuju skala 0,36ml sehingga kebutuhan oksigen pada menit kelima adalah 0,07ml.

Mengetahui kecepatan respirasi pada hewan serangga dan pada tumbuhan kecambah Mengetahui pengaruh berat serangga terhadap laju respirasi II. Untuk melihat perbedaan laju respirasi pada berbagai spesies hewan dan hubungannya dengan perbedaan temperatur lingkungan.

Pada menit kedua cairan eosin bergerak menuju skala 0,21ml sehingga kebutuhan oksigen pada menit kedua adalah 0,13ml. Ketersediaan oksigen akan mempengaruhi laju respirasi, namun besarnya pengaruh tersebut berbeda bagi masing-masing spesies dan bahkan berbeda antara organ pada tumbuhan yang sama.

Makin tinggi daratan, makin rendah O2, sehingga makin sedikit O2 yang dapat dihirup belalang.

Berat Tubuh Hubungan antara berat dengan penggunaan oksigen berbanding lurus. Pada hewan lain, hemoglobin terkandung di dalam sel darah merah Syamsuri, Masing-masing spesies tumbuhan memiliki perbedaan metabolsme, dengan demikian kebutuhan tumbuhan untuk berespirasi akan berbeda pada masing-masing spesies.

Sedangkan metabolit respirasi adalah intermediat-intermediat yang terbentuk dalam reaksi-reaksi respirasi. Fungsi dari larutan ini adalah untuk mengikat CO2, sehingga pergerakan dari larutan eosin benar-benar hanya disebabkan oleh konsumsi oksigen.Hal ini menandakan bahwa semakin kecil berat ukuran tubuh suatu hewan maka semakin banyak pula aktivitasnya yang membuat semakin banyak pula O2 yang dibutuhkan pleh tubuh sehingga kecepatan laju respirasinya pun semakin meningkat.

Akan tetapi pada pengamatan, terjadi kesalahan sehingga hewan yang berukuran kecil memiliki laju respirasi yang rendah. Selain itu, setiap organisme. Disini massa atau berat tubuh belalang sangat mempengaruhi.

Semakin besar tubuh belalang atau organisme maka semakin banyak O 2 yang dibuthkan untuk proses respirasi berarti ukuran tubuh berbanding lurus dengan kebutuhan oksigen. Pada Blatella germanica memiliki berat badan yang teringan di antara ketiga hewan uji dan laju respirasi yang tinggi Hal ini sesuai dengan teori menurut Tobin () yang mengatakan bahwa ukuran tubuh juga menentukan besarnya laju konsumsi oksigen.

Untuk hewan endoterm, hewan yang berukuran tubuh kecil akan memiliki laju konsumsi oksigen per unit massa yang lebih besar.

ยท Mengetahui pengaruh berat serangga yaitu jangkrik terhadap laju respirasi. 3. Melihat faktor- faktor yang mempengaruhi jumlah kebutuhan oksigen pada hewan saat bernapas. Respirasi adalah seluruh proses pengambilan O 2 untuk memecah senyawa-senyawa organik sehingga menghasilkan energi dan sisa berupa CO 2 dan H 2 vsfmorocco.comaran gas O 2 dan gas CO 2 berlangsung melalui proses difusi yang berlangsung di alat pernafasan.

Respirasi adalah suatu proses pengambilan O 2 untuk memecah senyawa-senyawa organik menjadi CO 2, H 2 O dan energi. Namun demikian respirasi pada hakikatnya adalah reaksi redoks, dimana substrat dioksidasi menjadi CO 2 sedangkan O 2 yang diserap sebagai.

Respirasi Pada Hewan (Serangga) dan Tumbuhan (Bunga)
Ukuran berat tubuh terhadap laju respirasi
Rated 4/5 based on 95 review