Peran leptin pada obesitas

Sejak Perang Dunia Kedua, makanan lebih banyak dihasilkan daripada yang dibutuhkan. Dalam keadaan normal, bila ada rangsangan 15 16 pada sel beta, insulin disintesis kemudian disekresikan ke dalam darah sesuai kebutuhan tubuh untuk keperluan regulasi glukosa darah Diperkirakan kedua hormon ini akan dapat mengurangi risiko anak dari penyakit kardiovaskular di kemudian hari.

Pada jaringan adiposa tikus percobaan dan manusia, TNF-Alfa diekspresikan secara berlebihan sehingga mengganggu insulin signaling yang akibatnya fosforilasi IRS-1 terhambat dan menekan ekspresi glucose transporter GLUT Peran leptin dalam ASI adalah pada asupan makanan. Pada kegemukan ditemukan kekurangan leptin atau resistensi terhadap kerja leptin.

Adiponektin mempunyai efek yang berlawanan dengan adipositokin lainnya, yaitu mencegah terjadinya resistensi insulin dan diabetes melitus tipe 2. Glukosa merangsang sekresi insulin dengan masuk ke dalam sel beta melalui transporter glukosa GLUT 2. Hipertensi merupakan keadaan yang sering menyertai obesitas, meskipun mekanisme dari hipertensi pada obesitas masih belum jelas.

Vitamin D dari ibu dapat mencukupi kebutuhan vitamin D bayi sampai beberapa minggu pertama kehidupannya 2 bulanmeskipun bayi tidak mendapat tambahan vitamin D dari luar. Diabetes obesity and Metabolism 3 s1 Untuk obat antihipertensi selama kadar kreatinin dalam batas normal, pilihan pertama adalah golongan ACE-inhibitor.

BDNFjuga memiliki peran dalam mengatur nafsu makan.

Pengaruh Obesitas ( Kegemukan ) Terhadap Kesuburan Wanita

Kerja adiponektin diduga dengan memacu ekspresi gen-gen yang mengatur metabolisme lemak pada jaringan otot, yaitu CD36, acyl co-enzyme A CoA oxidase, dan uncoupling protein UCP -2 yang akan meningkatkan efisiensi transpor asam lemak, pembakaran lemak dan termogenesis.

Bastard, dkk. Kebanyakan pasien yang menderita diabetes melitus tipe ini mengalami obesitas, dan obesitas dapat menyebabkan beberapa derajat resistensi insulin2. Terapi pengganti hormon tiroid juga dilaporkan aman bagi ibu menyusui dan si kecil, selama hormon tiroid terjaga pada kadar normal.

Pada keadaan resistensi terhadap kerja leptin, kadar leptin tidak kurang tetapi leptin tidak dapat bekerja dengan baik. Penyebab keadaan ini antara lain adalah kekurangan vitamin D defisiensi vitamin D atau kekurangan kalsium. Penelitian yang pada anak tahun menunjukkan risiko menderita DM tipe 1 pada anak yang mendapat susu formula 11,3 kali lebih besar dibanding anak yang mendapat ASI eksklusif.

Perilaku yang diam, seperti menonton televisi, juga penting dalam penambahan berat badan karena menghambat kesempatan untuk aktif dan oleh karena itu mengurangi pengeluaran energi.

Sementara overweight kelebihan berat badan adalah keadaan dimana BB seseorang melebihi BB normal. Sebaliknya, hipotalamus lateral bertindak sebagai pusat lapar dan haus. Penelitian pada tikus percobaan, leptin menghambat fosforilasi insulin receptor substrate-1 IRS yang akibatnya menghambat ambilan glukosa.

Kadar leptin dan ET-1 lebih tinggi secara bermakna pada subyek hipertensi obese dibandingkan dengan hipertensi berat badan normal. Beberapa neurotransmiter lainnya, seperti orexins dan faktor neurotropika derivatif otak orexins and brain-derived neurotrophic factor: Otot Pada tahun Randle mengemukakan teori bahwa pada keadaan dimana peningkatan asam lemak bebas dalam darah akan diikuti dengan meningkatnya ambilan asam lemak bebas oleh jaringan otot.BAB III Peran Obesitas Dalam Patofisiologi DM; obesitas dalam patofisiologi DMDeskripsi lengkap Author: Fauzi Rahman.

2 downloads 12 Views KB Size.

BAB III Peran Obesitas Dalam Patofisiologi DM

Report. vsfmorocco.com Recommend Documents. PATOFISIOLOGI OBESITAS. Full description. PATOFISIOLOGI OBESITAS. Deskripsi lengkap.

Patofisiologi Dm. Deskripsi lengkap. Patofisiologi Dm Tipe 2. DM tipe 2. patofisiologi tb pada Author: Fauzi Rahman. Peran Hormon Leptin dan Adiponekti Pada ASI 21 Februari · by Dokter Indonesia Online · in ASI Laktasi, Tanpa kategori.

ASI berkaitan dengan kandungan hormonal dan. Pada kebanyakan wanita dan pria, obesitas berarti kelebihan berat badan (BB) jauh melebihi berat yang diinginkan. Terkadang kita sering dibuat bingung dengan pengertian obesitas dan overweight, padahal kedua istilah tersebut mempunyai pengertian yang vsfmorocco.com: Upit_V3.

Saat ini tidak diketahui mengapa orang obesitas menunjukkan insiden tinggi diabetes meskipun tingkat tinggi dari kedua insulin dan leptin yang bersirkulasi dalam aliran vsfmorocco.com: News Medical. Latar belakang: Hipertensi merupakan keadaan yang sering menyertai obesitas, meskipun mekanisme dari hipertensi pada obesitas masih belum jelas.

Beberapa penelitian menunjukkan adanya peran endotelin-1 (ET-1) pada hipertensi yang berhubungan dengan obesitas. Beberapa penelitian terakhir menunjukkan kemungkinan adanya peran leptin pada obesitas. Penelitian in vitro dengan.

Penyebab obesitas bersifat multifaktorial yang dimulai dari faktor genetika murni (seperti defisiensi leptin monogenik) hingga faktor lingkungan (seperti yang terlihat pada pegulat sumo).

Peran leptin pada obesitas
Rated 4/5 based on 91 review